Selasa, 22 Maret 2011

Air Sumber Kehidupan

Air adalah Sumber Kehidupan. Kualitas Air menentukan kualitas kehidupan. Dari dulu, sekarang dan hingga masa yang akan datang, air tetap dibutuhkan dan tak dapat dipisahkan dari kehidupan ini. Air sangat diperlukan oleh makhluk hidup, baik itu manusia, hewan dan tumbuhan. Didalam tubuh manusia, air berkisar antara 50-70% dari seluruh berat badan. Kita juga memanfaatkan  air untuk berbagai macam keperluan  hidup baik untuk kebutuhan domestik maupun untuk kebutuhan diluar domestik seperti industri dan perdagangan.
Begitu pentingnya air, setiap hari kita memerlukan air dalam  jumlah yang tidak sedikit, sementara kuantitas air semakin hari semakin menurun dengan semakin bertambahnya penduduk dan semakin banyak hilangnya daerah tangkapan air seperti adanya perambahan hutan. Belum lagi ditambah dengan semakin buruknya kualitas air yang diakibatkan oleh berbagai aktivitas yang menimbulkan pencemaran air yang dapat menurunkan daya dukung lingkungan terhadap kualitas air itu sendiri.

Dengan adanya Peringatan Hari Air se-dunia yang diperingati setiap tanggal 22 Maret, menjadi momentum yang tepat untuk kita agar  lebih bijak untuk menggunakan air. Hemat Air adalah langkah kecil yang bisa kita mulai dari diri sendiri untuk sebuah langkah besar mendukung ketersediaan air dimasa yang akan datang.

Tidak ada komentar: